Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi atau SIA, adalah sebuah sistem yang menangani segala informasi yang berkaitan dengan akuntansi itu sendiri. Dan akuntansi itu sendiri, sebenarnya adalah sebuah sistem informasi, namun tidak banyak orang yang memahami hal itu.

Sistem informasi akuntansi, memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlanjutan suatu organisasi, karena membantu mengumpulkan serta menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi, memproses suatu data menjadi informasi yang bisa digunakan untuk proses pengambilan keputusan, dan juga untuk melakukan kontrol secara cepat dan tepat, terhadap aset organisasi itu sendiri.

Salah satu software sistem informasi akuntansi yang saya gunakan, adalah Omega Accounting, karena software akuntansi yang satu ini ada begitu banyak yang merekomendasikan kepada saya. Dan oleh karena ada begitu banyak pihak yang merekomendasikan, maka saya sepenuhnya percaya apabila Omega Accounting merupakan salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia.

Benar, sistem informasi akuntansi akan semakin efektif apabila kita memanfaatkan inovasi teknologi yang ada, salah satunya berupa software. Jika teknologi itu ada untuk memudahkan manusia, lantas kenapa kita tidak memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengoptimalkan laju bisnis kita?